Senin, 04 Februari 2013


Sejarah Turki
Kerajaan Ottoman atau Kemaharajaan Usmania

Turki terletak di antara di daerah Uni Sovyet, Turkistan Cina dan Iran Timur. Tali ikatan mereka ialah (hampir seluruh orang Turki beragama Islam). Orang–orang Turki ini mungkin berasal dari Daerah Siberia Selatan dan Turkistan, mereka menyebar ke Barat dan Selatan, mendirikan beberapa Kerajaan di Asia.
Kaum Seljuk dan Osmanli atau Turki–Usmania ialah dua golongan yang terkenal di Asia Barat dan Eropa. kaum Seljuk muncul di Iran pada (abad kesepuluh). Berkat kemenangan mereka di Iran (1071) atas Kaisar Bizansium di Manzikert, mereka mendirikan Kerajaan dan ikut menyebabkan timbulnya Perang Salib.  Kerajaan Seljuk pecah pada abad keduabelas menjadi beberapa kerajaan kecil yang kemudian dihancurkan oleh banga Tatar. Orang–orang Turki modern dinamakan Turki Osmanli.
Setelah Sultan Alaudin dari Dinarti meninggal Turki–Usmania dibawah pimpinan Usman I mnedirikan Kemaharajaan Usmania (Kerajaan Ottoman) yang besar pada abad keempatbelas.
Kerajaan Ottoman mengalami kemajuan pada masa pemerintahan Muhammad II (1451-1481 M).  Adapun jasa dari Raja Sultan Muhammad II antara lain melakukan daerah ekspansi Daerah Islam sampai ke Benua Eropa. Dan atas keberhasilannya tersebut ia mendapat julukan Al-Fatih (Sang Penakluk).
Kerajaan Ottoman mengalami kejayaan pada masa pemerintahan  Sultan Sulaiman I. pada saat itu kerajaan ini memiliki wilayah yang sangat luas, yaitu Afrika Utara, Mesir, Irak, Armenia, Asia Kecil, Krimea, Balkan dan lain-lain.
Raja Sulaiman I merupakan Sultan Turki Usmani terbesar dan memiliki jasa-jasa besar besar terhadap kemajuan kerajaan. Jasa-jasanya antara lain :
a.     Berhasil melakukan perluasan seperti berhasil menguasai Beograd (1521), Bupatest, Pulau Rhodos (1522) dan lain-lain.
b.     Menghancurkan tentara Hongaria di Mohacs (1526). Dan menggabungkan darah Hongaria kedalam daerah kekuasaannya (1541).
c.      Beberapa kali menyerang Persia dan berhasil.
d.     Menaklukan daerah-daerah pantai Tanah Arab.
e.     Membangun armada laut pertama (1534).
f.       Mendirikan Universitas As-Sulaimaniyyah, istana, rumah sakit, lembaga pendidikan Al-Qur’an.
g.     Menulis salinan Al-Qur’an dengan tngannya sendiri.
h.     Dibawah pemerintahannya Kerajaan Ottonman mencapai pada puncak kejayaan.
Raja Taklukannya Barbarossa, menggunakan armada Turki untuk menteror Laut Tengah. Kegagalan-kegagalannya tidak berarti disbanding dengan kemenangannya. Pengepungannya terhadap Vienna (1565) dan serangannya terhadap Marta (1565) dipukul mundur.
Persekutuan Sulaiman dengan Prancis terhadap Australia ( 1536) member bentuk kepada Politik Luar Negeri Turki dikemudian hari. Wajir besarnya Ibrahim turut berperanan penting dalam pemerintahannya, tetapi pada tahun (1536) oleh sebab-sebab yang tidak pernah diketahui, wajir itu di cekik mati oleh sulaiman. Lagi lembar hitam dalam sejarah hidupnya ialah pembunuhan putra kandungnya Mustafa (1553) atas hasutan istri kekasihnya Roxelena yang demikian menjamin penggantian baginda oleh putra Roxelena  sendiri dengan memakai nama Salim II.
Walaupun demikian umumnya pemerintahan Sulaiman I boleh dikatakan tidak keras. Banyak pembaharuan-pembaharuan penting dijalankan sebagai pelindung kesenian dan kebudayaan amat murah tangan dalam pemberian-pemberiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar